Rumus Luas Bundar Pembahasan Lengkap

Rumus matematika Rumus luas lingkaran merupakan bahan yang akan kita bahas kali ini. Tidak hanya pembahasan mengenai rumus luas lingkaran, di dalam artikel ini juga akan aku berikan teladan soal mengenai lingkaran biar kalian mempunyai citra perihal bagaimana cara menjawab soal-soal mengenai lingkaran dengan rumus-rumus yang telah diberikan. Tak lupa di final artikel aku juga melampirkan beberapa tips dan trik yang sanggup kalian terapkan dikala mengerjakan soal mengenai lingkaran. Baiklah mari eksklusif saja kita pelajari rumus luas lingkaran dan teladan soalnya di bawah ini:

 merupakan bahan yang akan kita bahas kali ini Rumus Luas Lingkaran Pembahasan Lengkap
Source: Google Images

Contoh Soal dan Rumus Luas Lingkaran


Rumus Luas Lingkaran

Luas sebuah lingkaran sanggup kita ketahui dengan memakai rumus di bawah ini:

Luas Lingkaran  = π x jari-jari2 (π x r2)

phi (π) = 3, 14 atau 22/7
r = jari-jari = 1/2 diameter

Contoh soal mengenai luas lingkaran:


Contoh soal  1:
Diketahui ada sebuah bak ikan berbentuk lingkaran dengan diameter 56 m, maka berapakah luas dari bak ikan tersebut?

Cara menjawab:
Pertama-tama kita harus mencari tahu berapakah jari-jari dari bak tersebut:
Jari-jari bak = 1/2 x 56 = 28 m

Luas bak = π x jari-jari2
Maka luas bak = 22/7 x 28 x 28
Luas bak = 2464m2

Contoh soal  2:
Ada sebuah taman bermain dengan bentuk setengah lingkaran. Diameter dari taman bermain tersebut yaitu 42 m maka berapakah luas keseluruhan dari taman bermain tersebut?

Cara menjawab:
Cari dahulu jari-jarinya = 1/2 x 42 = 21m
Luas setengah lingkaran = 1/2 x π x jari-jari2
Luas taman bermain = 1/2 x 22/7 x 21 x 21
Luas taman bermain = 1386 / 2 = 693m2


Tips dan trik dalam menghitung rumus luas lingkaran


Pertama:
Ketika ingin menghitung rumus luas lingkaran, tentukanlah nilai phi  (π) yang sesuai dengan nilai jari-jari dari lingkaran tersebut. Misalnya, untuk menghitung jari-jari yang nilainya yaitu 7 dan kelipatannya (14, 21, 28, 35, 49, dst.) Maka sebaiknya kalian memakai phi = 22/7. Nilai phi 22/7 juga sanggup kalian gunakan dalam perhitungan jari-jari yang nilainya dalam bentuk bilangan bulat. Sedangkan untuk menghitung luas lingkaran yang jari-jarinya dinyatakan dalam bentuk desimal maka kalian lebih baik menentukan phi dalam bentuk desimal juga yaitu π = 3,14. Dengan begitu akan mempermudah kalian di dalam proses penghitungan luas dari sebuah lingkaran.

Kedua:
Kalian jangan terlalu terburu-buru dikala ingin menentukan nilai r2, biarkan saja penghitungan tersebut dalam bentuk r x r siapa tahu nantinya akan ada nilai yang sanggup dihilangkan atau dicoret. Misalnya dikala kalian menghitung r = 49 jangan terbuuru-buru menghitungnya menjadi r2 = 492(2401)

Ketiga:
Perhatikan baik-baik satuan panjang di alam soal tersebut. Biasanya tanggapan bergantung kepada satuan panjang yang dipakai di dalam soal tersebut.



Itulah paparan mengenai rumus luas lingkaran beserta teladan soal serta tips dan trik untuk menghadapi soal-soal yang berkenaan dengan perhitungan luas lingkaran. jikalau kalian memperhatikan dan membaca dengan baik setiap klarifikasi yang aku berikan diatas, aku yakin mulai kini kalian akan lebih gampang dan andal dalam menjawab dan menghitung luas lingkaran di dalam soal-soal yang diberikan di sekolah. Sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel