10 Tokoh Matematika Dunia Terpopuler Sepanjang Sejarah

Rumus matematika - Setelah sebelumnya saya membahas mengenai pengertian matematika berdasarkan para ahli, kali ini akan saya berikan komplemen pengetahuan bagi kalian mengenai tokoh matematika dunia terpopuler sepanjang sejarah . Ini sangat penting untuk kalian ketahui alasannya mereka merupakan para pencetus yang menemukan bermacam-macam operasi dan rumus matematika yang banyak sekali kegunaannya di dalam kehidupan kita dikala ini. 

 Setelah sebelumnya saya membahas mengenai  10 Tokoh Matematika Dunia Terpopuler Sepanjang Sejarah
Source: Google Images


Artikel ini khusus saya dedikasikan kepada mereka yang telah berjasa sangat banyak dalam dunia pendidikan. Atas teori dan landasan-landasan matematis yang mereka kemukakan, kita kini berada di zaman yang modern dengan kemajuan teknologi yang amat berkembang. Mari kita cari tahu siapa saja tokoh matematika tersebut.

10 Tokoh Matematika Dunia Terpenting Sepanjang Sejarah


Leonhard euler

Leonhard Euler telah dianggap sebagai salah satu matematikawan terbesar yang dulu ada di dunia ini. Ia tidak hanya fokus pada bidang matematika tetapi ia juga mempelajari dunia fisika. Pria yang berasal dari swiss ini merupakan orang yang berjasa dalam inovasi teori graf dan juga kalkulus. Disamping itu ia juga telah memperkenalkan banyak sekali notasi serta temonologi matematika modern. Euler juga dikenal dengan karya-karya besarnya diantaranya yaitu dinamika fluida, optik, serta beberapa inovasi di bidang astronomi. Masa remaja euler di habiskan di negeri rusia tepatnya di saint petersburg. Semasa hidupnya ia juga pernah tinggal di berlin dan prusia. Euler di sebut-sebut sebagai salah seorang matematikawan yang paling produktif dalam menghasilkan karya dan menggagas bermacam-macam teori.

Carl Friedrich Gauss

Bila leunhard euler yaitu rajanya matematika, maka  carl friedrich gauss yaitu orang yang disebut sebagai pangeran dalam bidang matematika. Pada usia 21 tahun gauss telah menuntaskan sebuah buku mengenai aritmatika berjudul disquisitiones arithmeticae yang isinya sudah diakui oleh seluruh dunia. Gauss memang seorang yang sangat unik dan luar biasa, ia sekali waktu pernah melaksanakan perhitungan 1 hingga 100 hanya dalam beberapa detik saja. Ia dikirim oleh pemerintah untuk melaksanakan studi di gottingen, sebuah universitas matematika yang sangat diakui kebesarannya. Setelah lulus dari universitas tersebut pada tahun 1798, ia memulai karirnya di bidang matematika dengan memberi banyak bantuan dalam hal teori bilangan. Sebelum usianya genap 24 tahun, gauss sudah bisa menghasilkan bermacam-macam karya dan pengaruh, ia pernah membuktikan teori dasar aljabar, mengemukakan teori fisika mengenai konstanta gravitasi gauss, dan banyak sekali karya besar lainnya. Gaus terus berkarya di bidang matematika hingga akibatnya ia meninggal di usianya yang ke-77.

G. F. Bernhard Riemann

Riemann yaitu seorang dari keluarga miskin yang lahir pada tahun 1826. Meskipun keadaanya berkekurangan ia tidak pernah mengalah dan bisa membuktikan kontribusinya di dalam bidang matematika pada awal kala ke -19. Ada bermacam-macam teorema yang ia perkenalkan dan hingga kini masih dipakai di dalam pelajaran atau materi-materi perhitungan matematika. Diantaranya yaitu riemann integral dan geometri riemann.

Euclid

Namanya yang unik pertanda bahwa ia yaitu orang yang spesial. Itu dibuktikan dengan karya-karyanya di bidang matematika. Kehidupan yang ia miliki benar-benar didedikasikan sepenuhnya unutk matematika. Wajar saja jika ia menjadi salah satu tokoh matematika terpenting yang pernah ada di muka bumi ini. Euclid sering juga disebut sebagai bapak geometri.

René descartes

Matematikawan sekaligus fisikawan ini dikenal masyarakat dunia lewat sebuah filsafat “cogito ergo sum” yang menjadikannya ornag penting dalam bidang kalkulus. Cartesian geometri yaitu salah satu karya besar yang dihasilkan oleh descartes. Penemuan ini telah mengubah teknik-teknik geometri kuno yang masih memakai definisi harfiah. Segala jenis poin di dalam pengukuran sanggup dinyatakan dalam titik pada grafik, dan grafik tersebut sanggup ditarik dalam bentuk skala apapun.

Alan Turing

Bila anda sedang duduk didepan layar komputer dikala ini, maka anda harus berterima kasih pada seorang berjulukan alan turing. Ia merupakan orang yang berperan besar dalam dunia komputer. Alan turing yaitu ilmuwan komputer pertama. Semasa hidupnya ia melimpahkan pemikirannya dalam memahami bidang komputasi dan matematika. Tidak heran jika ia dianggap sebagai salah satu pemikir terbesar di kala ke-20.

Leonardo Pisano Blgollo

Ia lebih dikenal dengan nama leonardo fibonacci, merupakan seorang matematikawan besar yang amat terkenal pada sekitar kala pertengahan. Ia menjadi terkenal alasannya penemuannya yaitu seri fibonacci.

Sir Isaac newton & Wilhelm Leibniz

Kedua orang ini berkontribusi penting di dalam bidang kalkulus modern. Leibniz sering menerima kebanggaan dan penghargaan alasannya ia memperkenalkan notasi standar modern. Mungkin salah satu yang paling kalian kenal yaitu tanda integral. Sedangkan newton, yaitu orang yang menjadi penemu kalkulus.

Pythagoras

Siapa yang tidak kenal nama ini? Setiap orang yang berguru matematika niscaya pernah mendengar nama Pythagoras. Trigonometri dan teorema pythagoras yaitu karya paling luar biasa yang ia temukan. Konsep perhitungan ini sangat sering dipakai dalam bermacam-macam perhitungan modern terutama di dalam pembangunan-pembangunan yang kuat besar di kala ini. Ia merupakan orang yang mengawali fondasi matematika pembangunan di masa modern.


Itulah nama-nama tokoh matematika dunia terpopuler sepanjang sejarah yang mempunyai peranan yang amat penting dalam proses perkembangan bermacam-macam teori dan konsep matematika. Mereka yaitu orang-orang besar yang telah membawa kita kepada zaman dan era yang lebih maju dan modern. Tugas kita kini yaitu mengamalkan dan memanfaatkan karya besar mereka untuk masa depan kehidupan dunia yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel