Cara Menghitung Rumus Luas Dan Keliling Jajar Genjang Lengkap


Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Lengkap - Jika pada postingan sebelumnya kita bantu-membantu mempelajari cara menghitung rumus luas dan keliling trapesium, maka bahan yang kini akan dibahas yaitu perihal cara menghitung rumus luas dan keliling dari jajar genjang. Jajr genjang atau biasa disebut juga sebagai jajaran genjang yaitu berdiri datar yang dibuat dari dua pasang rusuk yang masing-masing sejajar dan sana panjang dengan pasangannya. Jajar genjang juga mempunyai dua pasang sudut dimana sudut-sudut tersebut bukanlah sudut siku-siku. Karena apabila sudutnya siku-siku, berdiri datar tersebut akan menjelma persegi atau persegi panjang. Besar sudut yang saling berhadapan pada jajar genjang mempunyai ukuran yang sama besar. Agar lebih jelas, perhatikan gambar jajar genjang di bawah ini:

Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Lengkap Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Lengkap
Source: Google Images


Rumus matematika kali ini akan mencoba mengajarkan kepada kalian mengenai rumus-rumus yang dipakai untuk menghitung luas ataupun keliling dari sebuah jajaran genjang. Oleh karenanya, kalian harus menyimak dengan baik klarifikasi yang aku berikan. Di selesai artikel juga aku berikan beberapa pola soal untuk memperdalam pemahaman kalian mengenai cara menghitung rumus luas dan keliling jajar genjang.


Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang , Contoh Soal dan Pembahasannya

Rumus yang sanggup dipakai untuk menghitung luas dan keliling jajaran genjang adalah:

Luas = bantalan × tinggi

Keliling = 2.alas + 2. sisi miring
Keliling = 2 ( bantalan + sisi miring )

Perhatikan cara penggunaan kedua rumus tersebut dalam soal-soal berikut ini:
 

Contoh Soal 1

Sebuah jajar genjang diketahui mempunyai luas 350 cm2. Apabila panjang bantalan dari jajargenjang tersebut yaitu  7x dan tingginya yaitu 5x, maka tentukanlah nilai x, panjang alas, serta tinggi dari jajar genjang tersebut.

Penyelesaian:
Untuk mengetahui nilai x maka kita harus memakai rumus luas jajar genjang:

Luas = bantalan x tinggi
350 cm2 = (7x) x (5x)
350 cm2 = 35x
X = 10 cm

Setelah nilai x diketahui, maka panjang bantalan dan tinggi jajar genjang sanggup diketahui:
Panjang bantalan jajar genjang = 7x
Panjang bantalan jajar genjang = 7 x 10 cm
Panjang bantalan jajar genjang = 70 cm

Tinggi jajar genjang = 2x
Tinggi jajar genjang = 2 x 10 cm
Tinggi jajar genjang = 20 cm


Contoh Soal 2

Diketahui sebuah jajar genjang KLMN dengan KL = 24 cm dan KL : LM = 4 : 3. Apabila tingi dari jajar genjang tersebut yaitu 6 cm maka berapakah kelilingnya?

Penyelesaian:
Untuk mengetahui keliling dari jajar genjang KLMN, maka  terlebih dahulu kita harus mencari panjang LM dengan memakai konsep perbandingan::

KL : LM = 4 : 3
24 cm : LM = 4 : 3
LM = ¾ (24 cm)
LM = ¾ (24cm)
LM = 18 cm

Setelah mengetahui panjang LM barulah kita sanggup mengetahui keliling dari jajar genjang tersebut:
keliling = 2 (KL+LM)
keliling = 2 (24 cm + 18 cm)
keliling = 2 (42 cm)
keliling = 84 cm


Sekian pembahasan bahan Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang yang sanggup aku berikan. Selamat berguru dan supaya bahan ini sanggup membantu kalian dalam memahami lebih jauh perihal rumus-rumus yang dipakai untuk menghitung luas dan keliling jajar genjang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel