Konsep Perkalian Di Dalam Matematika Dasar

Rumus Matematika - Perkalian merupakan sebuah operasi matematika yang mencakup penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Operasi perhitungan ini termasuk ke dalam aritmetika dasar. Sangat penting bagi kita untuk memahami konsep perkalian matematika alasannya yakni perkalian seringkali dipakai di dalam bermacam-macam rumus matematika lainnya. 

 Perkalian merupakan sebuah operasi matematika yang mencakup penskalaan  Konsep Perkalian di Dalam Matematika Dasar
Source: Google Images


Di dalam artikel ini akan dibahas mengenai klarifikasi konsep perkalian di dalam matematika dasar. Simak dan perhatikan dengan baik ulasan di bawah ini:

Memahami Konsep Matematika Dasar  untuk Perkalian

Secara sederhana, perkalian sanggup didefinisikan sebagai penjumlahan yang diulang. Misalnya, pada perkalian 5x3 ( 5 dikali 3) kita sanggup menghitungnya dengan cara menjumlahkan 5 (diulang 3 kali), berikut perhitungannya:

5 x 3 = 5 + 5 + 5 = 15

Dalam konsep dasar perkalian, 5 x 3 tidaklah sama dengan 3 x 5 meskipun balasannya sama-sama 15.
  • 3 x 5 berarti penjumlahan berulang 3 sebanyak 5 kali (3 + 3 + 3 + 3 + 3).
  • Sedangkan untuk perkalian 5 x 3 berati penjumlahan 5 yang diulang sebanyak 3 kali (5 + 5 + 5).

Konsep ini seringkali dipakai dalam ilmu kedokteran, terutama dikala dokter menunjukkan resep obat. Di dalam resep obat biasanya dokter menuliskan 3 x 1 yang berarti kita harus meminum obat sebanyak 3 kali di dalam 1 hari, bukan meminum obat 1 kali di dalam 3 hari. Jadi, perkalian yang dijelaskan di atas amatlah berbeda.

Karena konsep perkalian yakni "penjumlahan yang berulang" maka sebelum kalian mempelajari perkalian, maka sebaiknya memahami konsep penjumlahan terlebih dahulu. Dengan begitu kalian akan lebih gampang dalam memahami perkalian.

Untuk mempermudah kalian dalam operasi perkalian berikut aku berikan table perkalian matematika 1 – 100 sebagai materi untuk kalian belajar.

Tabel perkalian matematika 1 - 100


 Perkalian merupakan sebuah operasi matematika yang mencakup penskalaan  Konsep Perkalian di Dalam Matematika Dasar



Saya kira sekian pembahasan mengenai Konsep Perkalian di Dalam Matematika Dasar, agar kalian sanggup memahaminya dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel