Cara Perkalian Dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 Sd

Perkalian dan Pembagian Pecahan - Bilangan pecahan di dalam matematika mempunyai bermacam-macam bentuk, mulai dari pecahan biasa, pecahan campuran, hingga pecahan dalam bentuk desimal. Setelah sebelumnya dibahas operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, maka bahan mengenai pecahan dilanjutkan pada postingan ini dengan membahas bahan seputar operasi hitung perkalian dan pembagian untuk bilangan pecahan. Rumus matematika dasar telah menciptakan bahan ini dengan bahasa yang gampang untuk dimengerti sehingga aku sangat yakin bahwa kalian bisa memahami bahan pelajaran matematika yang dibahas dengan lebih mudah. Mari kita lihat eksklusif materinya sebagai berikut:

 Bilangan pecahan di dalam matematika mempunyai bermacam-macam bentuk Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Rumus Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Pecahan

Gambar di atas merupakan rumus perkalian dan pembagian bilangan pecahan, untuk lebih jelasnya rumus tersebut sanggup dijabarkan pada pembahasan di bawah ini:

Perkalian Sesama Bilangan Pecahan Biasa

Untuk mengalikan suatu bilangan pecahan biasa dengan bilangan pecahan biasa lainnya, caranya amatlah mudah. Kalian hanya harus mengalikan pembilang dengan pembilang. Lalu mengalikan penyebut dengan penyebut. Amati pola berikut:

2 x 5 = 2 x 5 = 10
7    3    7 x 3     21

12 x 10 = 12 x 10 = 120 = 6
 5       4      5      4      20


Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dengan Bilangan Bulat

Untuk mengalikan pecahan biasa dengan bilangan bulat, kalian cukup mengalikan pembilang dengan bilangan lingkaran tersebut, Kemudian dibagi dengan penyebut. Seperti bisa dilihat pada pola berikut:

9 x 3 = 9 x 3 = 27
4             4        4

12 x 5 = 12 x 5 = 60
18              18      18


Pembagian Bilangan Pecahan Biasa

Untuk pembagian bilangan pecahan biasa dengan bilangan pecahan biasa, caranya cukup sederhana ialah dengan membalik pembilang dan penyebut dari salah satu bilangan pecahan biasa yang ada. Kemudian kalikan kedua bilangan pecahan tersebut. Untuk lebih mudahnya, kalian simak pola di bawah ini:

4 : 6 = 4 x 8 = 32
3   8    3 x 6     18

7 : 3 = 7  x 4 = 28
9   4     9 x  3    27



Dari aneka macam pola yang telah diberikan, sanggup disimpulkan bahwa Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Pecahan tidaklah begitu sulit untuk dipahami. Hanya saja diharapkan ketelitian dalam mengalikan angka-angka yang dipakai pada bilangan pecahan tersebut. Untuk menambah wawasan kalian mengenai bahan bilangan pecahan, simak artikel lainnya mengenai cara mengubah bilangan pecahan biasa menjadi bilangan pecahan campuran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel