Contoh Soal Matematika Mengenai Hubungan Dan Cara Penyelesaiannya

Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi dan Cara Penyelesaiannya - Sebelumnya Rumus Matematika Dasar sudah memperlihatkan klarifikasi bahan perihal Pengertian Relasi Matematika , masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan Relasi? Secara sederhana kekerabatan sanggup didefinisikan sebagai suatu pernyataan yang menghubungkan dua buah himpunan. Kaprikornus kekerabatan dari himpunan A ke himpunan B yakni sebuah hukum yang menghubungkan anggota-anggota himpunan A dengan anggota-anggota himpunan B. Pada kesempatan ini, kita akan mempelajari bersama beberapa teladan soal mengenai Relasi yang sanggup kalian simak di bawah ini:

Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi dan Penyelesaiannya


Contoh Soal 1:

Pada acara Posyandu yang diadakan dalam dua bulan sekali ada sekumpulan anak balita yaitu Suci, Hasty, Gilang, Fikri, dan Rizky. Selain itu, ada juga ibu-ibu yang terdiri atas Tami, Nengsih, Kinanti, dan Rani. Diketahui bahwa Suci yakni anak dari Tami, Hasty dan Gilang anak dari Nengsih, Fikri dan RIzky anak dari Kinanti.

a. Sebutkan nama kekerabatan yang mungkin dari himpunan anak dan himpunan Ibu.
b. Dari kekerabatan tersebut, adakah ibu yang tidak membawa anak balitanya?
c. Dari kekerabatan tersebut, adakah balita yang tidak bersama ibunya?

Penyelesaian:

a. Relasinya adlah “Anak dari”
b. Ibu yang tidak membawa anak balitanya yakni Rani.
c. Tidak ada balita yang tidak bersama ibunya.

Contoh Soal 2:

Diketahui himpunan A = {1, 2, 3, 4} dan himpunan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}. Jika dari himpunan A ke himpunan B dihubungkan dengan kekerabatan “setengah dari” maka tentukanlah anggota himpunan A yang memiliki mitra pada himpunan B!

Penyelesaian:

Anggota himpunan A yang “setengah dari” anggota himpunan B yakni 1, 2 dan 3 alasannya 1 setengah dari 2, 2 setengah dari 4, dan 3 setengah dari 6.

Demikianlah sedikit klarifikasi bahan serta Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi dan Cara Penyelesaiannya. Moga-moga sanggup membantu kalian untuk lebih memahami bahan perihal Relasi yang diajarkan di sekolah. Dan supaya dengan mempelajari bahan ini kalian sanggup lebih gampang dalam menuntaskan soal-soal yang berkaitan dengan bahan seputar relasi. Selamat belajar!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel