Penjelasan Pengertian Datum, Data Dan Statistika Dalam Matematika

Pengertian Datum, Data dan Statistika - Istilah datum dalam matematika sanggup diartikan sebagai suatu catatan yang berisi keterangan atau info yang didapatkan sehabis melaksanakan sebuah penelitian. Di dalam matematika bentuk datum sanggup bermacam-macam. Bisa berbentuk lambing, angka, bilangan, keadaan, bahkan sifat dari objek yang diteliti. Kumpulan dari datum-datum disebut sebagai data. Masih bingung? Coba perhatikan klarifikasi pola berikut ini:

 Istilah datum dalam matematika sanggup diartikan sebagai suatu catatan yang berisi keterang Penjelasan Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika

Pak Darto ingin mengukur berat tubuh dari 4 orang siswanya. Setelah dilakukan penimbangan, didapatkan hasil berat tubuh siswa yaitu Dara dengan berat tubuh 55 kg, Ilham dengan berat tubuh 90 kg, Bejo dengan berat tubuh 60 kg, dan Putri dengan berat tubuh 50 kg.

Berdasarkan pada pola di atas, berat tubuh siswa (contohnya: 90 kg) merupakan datum. Sementara hasil pengukuran keseluruhan dari 4 siswa tersebut yaitu data. Jumlah datum dari pola di atas yaitu 4 (55, 90, 60, 50). 


Penjelasan Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika


Datum

Datum dibedakan ke dalam dua bentuk, yaitu datum berbentuk bilangan dan datum berbentuk kategori. 

Contoh dari datum berbentuk bilangan yaitu berat tubuh siswa, tinggi siswa, nilai matematika siswa, jarak tempuh sebuah mobil, dsb. 

Sementara pola dari datum berbentuk kategori berkaitan dengan sifat menyerupai baik dan buruk, tinggi dan rendah, dsb.

Data

Data juga dibedakan menjadi dua kategori yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data Kuantitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk bilangan atau angka dan nilai sanggup berubah-ubah nilainya. Data kuantitatif diperoleh dari hasil sebuah pengukuran dengan memakai alat ukur contohnya tinggi tubuh atau berat badan.

Sedangkan Data Kualitatif yaitu data yang menjelaskan keadaan yang menggambarkan suatu objek. contohnya selain tampan, Gilang juga cerdik bermain bulu tangkis. data kualitatif biasa diperoleh dari penangkapan panca indra yang kita miliki.


Statistika

Dari klarifikasi mengenai datum dan data di atas, kita sanggup mengambil kesimpulan bahwa Statistika yaitu sebuah bidang ilmu yang di dalamnya mempelajari bahan yang berkaitan dengan pengumpulan, perhitungan dan pengolahan serta penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh dari sebuah penelitian.


Demikianlah klarifikasi singkat mengenai Pengertian Datum, Data dan Statistika dalam Matematika semoga sanggup menambah sedikit pengetahuan kalian mengenai beberapa istilah yang biasa dipakai di dalam pelajaran matematika mengenai statistika. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel