Rumus Luas Permukaan Tabung Dan Cara Menghitungnya

Rumus matematika - Pada kesempatan kali ini aku akan menawarkan klarifikasi mengenai cara menghitung rumus luas permukaan tabung dimana aku akan menawarkan rumus rumus yang berkenaan dengan perhitungan luas tabung. Setelah itu aku akan menawarkan sebuah referensi soal mengenai luas permukaan tabung dan tidak lupa pula aku akan menawarkan pembahasan  dan tata cara menjawab soal tersebut dengan memakai rumus luas permukaan tabung sepakat eksklusif saja kita simak pembahasan mengenai rumus luas permukaan tabung di bawah ini.

Pada kesempatan kali ini aku akan menawarkan klarifikasi mengenai cara menghitung  Rumus Luas Permukaan Tabung dan Cara Menghitungnya
Source: Google Images

Definisi dan Cara Menghitung Luas Permukaan Tabung

Tabung sanggup diartikan sebagai sebuah berdiri ruang yang dibatasi oleh dua buah sisi yang kongruen dan bersifat sejajar serta mempunyai bentuk bundar juga sebuah sisi lengkung.

Ciri ciri tabung:


  • Tabung mempunyai 2 buah rusuk
  • Alas dan tutupnya berbentuk lingkaran
  • Tabung mempunyai 3 bidang sisi. Sisi yang pertama ialah bidang alas, sisi yang kedua ialah bidang selimut, dan sisi yang ketiga ialah bidang tutup.

Berikut ialah gambar tabung:

Pada kesempatan kali ini aku akan menawarkan klarifikasi mengenai cara menghitung  Rumus Luas Permukaan Tabung dan Cara Menghitungnya
Source: Google Images

Jenis jenis rumus tabung:

Untuk mengetahui volume tabung kita sanggup memakai rumus = alas x tinggi
Luas ganjal tabung = πr2
Volume tabung juga sanggup dihitung dengan rumus =  πr2t
Keliling ganjal atau tutup tabung sanggup dihitung dengan rumus = 2πr

Luas selimut tabung sanggup dihitung dengan rumus = 2πrt (maksudnya 2 x π x r x t)
Luas permukaan tabung sanggup dihitung dengan rumus = 2 x luas ganjal + Luas selimut tabung
Rumus luas permukaan tabung yang sebetulnya sanggup dilihat pada gambar dibawah ini:

Pada kesempatan kali ini aku akan menawarkan klarifikasi mengenai cara menghitung  Rumus Luas Permukaan Tabung dan Cara Menghitungnya

Contoh soal

Ahmad ialah seorang pembuat drum . Dia mendapat pesanan dari seseorang untuk menciptakan sebuah drum dengan diameter 50 cm tinggi dan 70 cm maka berapakah luas materi yang diperlukan oleh Ahmad untuk menciptakan drum tersebut?

Pada kesempatan kali ini aku akan menawarkan klarifikasi mengenai cara menghitung  Rumus Luas Permukaan Tabung dan Cara Menghitungnya


Demikianlah pembahasan mengenai rumus luas permukaan tabung yang sanggup aku jelaskan kepada kalian. Semoga kalian sanggup memahami pembahasan diatas dengan baik dan sanggup menjawab soal soal yang diberikan sekolah dengan lebih mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel