Rumus Rumus Matematika Cepat Untuk Berhitung

Rumus Matematika - Rumus Rumus Matematika Cepat untuk Berhitung sangatlah penting untuk kalian ketahui sebab itu sanggup membantu saat kalian mengerjakan soal matematika biar lebih cepat dan efisien. Mungkin kalian belum mengetahui jika ternyata ada beberapa cara dan trik yang sanggup kalian lakukan untuk menghitung dengan lebih cepat.

Rumus Rumus Matematika Cepat untuk Berhitung Rumus Rumus Matematika Cepat untuk Berhitung
Source: Google Images


Di sini saya akan berikan beberapa rumus rumus matematika yang sanggup kalian pelajari biar sanggup lebih cepat dalam mengerjakan soal-soal di dalam pelajaran matematika. Jadi, simak dan perhatikan dengan baik klarifikasi di bawah ini:

Rumus Rumus Matematika Cepat untuk Berhitung


Rumus cepat matematika Kuadrat Lima

Bila kalian menemukan soal perkalian kuadrat dimana angka yang akan dikuadratkan berupa dua digit angka yang berakhiran lima (15, 25, 35, 45, dst.) Maka rumus cepat matematikanya adalah:

Kalikan angka yang berada di depan dengan hasil dari penjumlahan angka tersebut ditambah satu, sesudah itu sisipkan angka 25 dibelakang hasil perkalian tersebut, berikut contohnya:

252 = 2 x (2+1) & 25 = 2x3 & 25 = 625
352 = 3 x (3+1) & 25 = 3x4 & 25 = 1225
752 = 7 x (7+1) & 25 = 7x8 & 25 = 5625

Bagaimana sudah mengerti? Kalau sudah mengerti mari kita lanjutkan rumus matematika selanjutnya.


Rumus cepat matematika Trik Sebelas

Trik sebelas biasa dipakai dalam memilih hasil dari perkalian suatu angka (dua digit) dengan angka 11 (sebelas). Trik sebelas dapa dijelaskan sebagai berikut:

Tuliskan angka pertama kemudian sisipkan penjumlahan dari kedua digit angka tersebut, sesudah itu tuliskan angka terakhir. Perhatikan teladan berikut ini:

35 x 11 = 385

Trik cepat

35 = 3 (3+5) 5 = 385


27 x 11 = 297

Trik cepat

27 = 2 (2+7) 7 = 297


Namun, apabila hasil dari penambahan angka pertama dan terakhir yaitu dua digit, maka kalian harus menjumlahkan angka pertama dengan angka awal yang ada dalam hasil penambahan itu. Untuk lebih gampang memahaminya, simak teladan berikut:

78 x 11 = 858

Trik cepat
Rumus Rumus Matematika Cepat untuk Berhitung Rumus Rumus Matematika Cepat untuk Berhitung






Rumus Cepat Matematika Perkalian Sembilan

Untuk mempermudah perkalian antara angka 9 dengan angka apapun dari 1-9 maka ada trik khusus dalam menyelesaikannya. Sebagai contoh, jika kalian ingin mengetahui hasil perkalian dari 6 x 9 maka, genggamlah seluruh jari di kedua tangan kalian, kemudian hitunglah dari jari paling kiri hingga 6, kemudian angkat jari ke enam tersebut. Perhatikan jari yang masih menggenggam. Di sebelah kiri ada 5 jari dan disebelah kanan ada 4 jari. Maka itu berarti hasil dari 9x6 yaitu 54.

Contoh lainnya:

Untuk perkalian  9 x 9 maka, genggamlah seluruh jari di kedua tangan kalian, kemudian hitunglah dari jari paling kiri hingga 9, kemudian angkat jari ke sembilan tersebut. Perhatikan jari yang masih menggenggam. Di sebelah kiri ada 8 jari dan disebelah kanan ada 1 jari. Maka itu berarti hasil dari 9x9 yaitu 81.

Praktis sekali, bukan?


Rumus cepat matematika Perkalian Lima

Sebenarnya ini bukanlah rumus cepat, namun tetap sanggup mempercepat proses perkalian dengan memakai angka 5. Terkadang kita merasa kesulitan jika harus menghitung perkalian angka yang lebih dari 3 digit dengan angka 5. Dengan kalkulator mungkin anda sanggup melakukannya dengan mudah, tapi bagaimana jika tidak ada alat bantu tersebut? Pasti anda akan merasa kesulitan, kecuali jika anda yaitu orang yang sangat jenius.

Trik gampang dalam mengalikan sejumlah angka dengan angka 5 yaitu dengan membagi angka tersebut dengan 2. Ya, bagi saja pembagian lebih gampang daripada perkalian. Apabila hasil dari pembagian tersebut merupakan bilangan yang penuh, maka tambahkan angka 0 di belakangnya. Namun, apabila hasil dari pembagian tersebut yaitu desimal, maka ganti bilangan desimal tersebut dengan angka 5.

Contoh:

94567 x 5 = 94567 : 2 = 47283.5 (ganti bilangan desimal dengan angka 5) = 472835
876556 x 5 = 876556 : 2 = 438278 (hasilnya bulat, maka tambahkan angka 0 dibelakang) = 4382780

Bagaimana? Praktis bukan?


Itulah beberapa teladan Rumus Rumus Matematika Cepat untuk Berhitung yang sanggup kalian pelajari dan terapkan untuk mempermudah sebuah operasi hitung. Bila kalian sanggup menguasai trik cepat ini, kalian sanggup mengerjakan sebuah soal dengan lebih cepat sehingga kalian mempunyai banyak waktu untuk mengerjakan soal yang lain.bila kalian sudah menguasainya, jangan lupa untuk mengajarkannya pada teman kalian biar teman kalian pun sanggup menjadi pintar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel