Cara Memilih Fpb Dan Komisi Pemberantasan Korupsi Dengan Memakai Pohon Faktor

Menentukan FPB dan KPK dengan Pohon Faktor - Sebenarnya dalam salah satu artikel di blog ini sudah pernah dibahas materi cara mencari KPK dan FPB namun kali ini rumus matematika dasar akan menawarkan klarifikasi yang lebih detail ihwal salah satu cara memilih FPB dan KPK yaitu dengan memakai pohon faktor. Pohon faktor merupakan cara mencari KPK dan FPB dengan mengurutkan perkalian ke bawah memakai bilangan-bilangan prima. Berikut yaitu teladan gambar pohon faktor:

Menentukan FPB dan KPK dengan Pohon Faktor  Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor


Di dalam postingan ini kalian akan diajarkan mengenai langkah-langkah untuk memakai pohon faktor tersebut sehingga sanggup mempermudah kalian dalam memilih KPK dan FPB dengan lebih cepat.


Langkah-Langkah Menentukan FPB dan KPK dengan Pohon Faktor


Dari gambar di atas, sanggup dijelaskan langkah penggunaan pohon faktor sebagai berikut:

Pertama
Tuliskan bilangan yang akan kalian cari faktor primanya, misalkan bilangan tersebut yaitu 105.

Kedua
Sekarang bagilah bilangan tersebut (105) dengan bilangan prima yang paling kecil yang sanggup membagi bilangan itu. Pada gambar diatas bilangan prima yang dipakai yaitu 3. Tuliskan bilangan prima itu di sebelah kiri kemudian hasil pembagiannya dituliskan disebelah kanan (105 : 3 = 35).

Ketiga
Bagikan lagi angka 35 dengan bilangan prima terkecil yang sanggup membaginya (35 : 5 = 7) tuliskan angka hasil pembagian di sebelah kanan.

Keempat
Di dapatkan hasil faktorisasi prima dari bilangan 105 yaitu 2 x 5 x 7. Bagaimana? Tidak sulit bukan?


Mari kini kita coba untuk menerapkan langkah-langkah pohon faktor di atas untuk menuntaskan soal yang memerintahkan kita untuk mencari FPB dan KPK dari dua buah bilangan bundar ataupun lebih. Misalkan kita ingin memilih FPB dari 36, 54, dan 72.

Hasil pohon faktornya sanggup diuraikan sebagai berikut:


Menentukan FPB dan KPK dengan Pohon Faktor  Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor


Berdasarkan hasil di atas, diketahui bahwa:

Faktor prima dari 36 yaitu 22 x 32
Faktor prima dari 54 yaitu 2 x 33
Faktor prima dari 72 yaitu 23 x 32


Nah, kini mari kita tentukan FPB dari ketiga bilangan tersebut. Caranya yaitu dengan memakai bilangan faktor terkecil yang sama, kemudian ambil bilangan dengan pangkat yang terkecil. Sehingga, FPB dari 36, 54, dan 72 yaitu 2 x 32 = 2 x 9 = 18.

Sekarang kita lanjutkan dengan mencari KPK dari ketiga bilangan tersebut. Caranya yaitu dengan mengambil bilangan faktor yang mempunyai nilai terbesar kemudikan mengalikannya. Tetapi, apabila ada bilangan faktor yang sama cukup ambil salah satu saja. Pada hasil pohon faktor di atas, bilangan faktor yang terbesar yaitu 22 dan 33. Maka KPK dari 36, 54, dan 72 yaitu 22 x 33 = 216

Itulah cara gampang yang sanggup kalian lakukan untuk Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor . Selamat berlatih dan supaya kalian sanggup memahami klarifikasi bahan di atas dengan baik.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel