10 Pola Soal Kisah Perbandingan Matematika

Contoh soal dongeng perbandingan matematika - Sebelumnya rumus matematika dasar sudah pernah menunjukkan teladan soal mengenai perbandingan dalam artikel rumus matematika kelas 6sd mengenai bilangan, pecahan, skala dan perbandingan. Namun tidak ada salahnya apabila di dalam postingan kali ini diberikan lagi beberapa teladan soal dongeng yang berkaitan dengan materi perbandingan dalam matematika. Dengan hadirnya bermacam-macam teladan soal di bawah ini, diperlukan semoga kalian bisa berlatih untuk mengerjakannya dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi soal-soal serupa yang mungkin saja akan muncul dalam ujian semester ataupun ujian nasional. 

Contoh soal dongeng perbandingan matematika  10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika

Selamat berlatih dengan teladan soal latihan matematika mengenai perbandingan berikut ini:


Kumpulan teladan soal dongeng latihan ihwal perbandingan matematika


Soal 1
Ibu menciptakan es campur dengan perbandingan materi air, santan, dan sirup 5 : 4 : 3. Apabila ibu ingin menciptakan es campur sebanyak 70 liter, maka berapakah jumlah air yang dibutuhkan?

Soal 2
Perbandingan usia dani, abdul, dan luki yakni 5 : 6 : 4. Apabila umur luki yakni 16 tahun, maka berapakah umur mereka bertiga jika dijumlahkan?

Soal 3
Perbandingan berat tubuh antara pretty dan molly yakni 5 : 3. Apabila berat tubuh pretty yakni 75 kg, maka berapakah berat tubuh molly?

Soal 4
Paman akal beternak ayam, bebek, dan angsa. Perbandingan jumlah ketiga binatang ternak tersebut yakni 8 : 7 : 3. Apabila jumlah itik paman akal ada 420 ekor, maka berapakah jumlah ayam dan angsa yang ada di peternakan paman budi?

Soal 5
Diketahui perbandingan jumlah uang yang dimiliki gilang dan amir yakni 4 : 5, sementara perbandingan uang gilang dan asep yakni 2 : 4. Apabila jumlah keseluruhan uang mereka yakni rp. 62.000,- maka berapakah jumlah uang yang dimiliki asep?

Soal 6
Dengan 35 liter bensin, sebuah kendaraan beroda empat yang melaju dengan kecepatan 60 km/jam bisa menempuh jarak 140 km. Apabila kendaraan beroda empat tersebut diisi dengan bensin sebanyak 27 liter, maka berapakah jarak yang sanggup ditempuh mibil tersebut dengan kecepatan yang sama?

Soal 7
Jumlah keseluruhan siswa  sd mutiara yakni 475 orang. Apabila perbandingan jumlah siswa pria dan wanita yakni 9 : 5 , maka berapakah jumliah siswa wanita yang ada di sekolah tersebut?

Soal 8
Jumlah buah jeruk dan buah jambu yang ada di sebuah bejana yakni 81 buah. Bila perbandingan banyaknya buah mangga dan jambu yakni 8 : 7, maka berapakah banyaknya buah jambu yang ada di dalam bejana tersebut?

Soal 9
Tinggi tubuh bejo dibandingkan dengan tinggi tubuh parto yakni 5 : 7. Selisih tinggi tubuh mereka yakni 35 cm. Berapakah tinggi tubuh mereka jika dijumlahkan?

Soal 10
Perbandingan antara banyaknya buku matematika dan buku bahasa inggris di sebuah perpustakaan yakni 6 : 8. Bila selisih bannyak dari kedua buku tersebut yakni 27 buah, maka berapakah banyaknya buku matematika di perpustakaan itu?


Itulah kumpulan contoh soal dongeng perbandingan matematika yang sanggup kalian coba kerjakan untuk melatih pemahaman kalian ihwal materi perbandingan yang diajarkan oleh guru kalian di sekolah. Selamat berguru dan berlatih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel