Tips Cara Cepat Mengerjakan Soal-Soal Aritmatika Sosial



Cara Cepat Mengerjakan Soal-Soal Aritmatika Sosial - Apakah kalian merasa kesulitan dikala mencoba menuntaskan soal-soal mengenai aritmatika sosial di dalam pelajaran matematika? tahukah kalian bahwa bekerjsama ada cara cepat yang bisa kalian gunakan untuk mengerjakan soal-soal aritmatika sosial? jikalau kalian belum mengetahuinya maka kalian amatlah beruntung alasannya di dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips dan trik mengenai cara cepat di dalam mengerjakan soal-soal ang berkaitan dengan bahan aritmatika sosial.

Diantara kalian niscaya ada yang mencicipi kebingungan dikala berhadapan dengan soal-soal wacana aritmatika sosial. Langkah-langkah menyerupai apakah yang harus diambil di dalam mencari solusinya? di bawah ini Rumus Matematika Dasar akan memperlihatkan beberapa langkah gampang yang bisa membantu kalian di dalam menuntaskan soal-soal aritmatika sosial. Ada dua hal penting yang mesti kalian perhatikan yang pertama dalah menentukan harga pembelian dan penjualan (untuk menuntaskan soal-soal yang berkaitan dengan untung dan rugi). dalam pembahasan kali ini kita akan berguru wacana untung dan rugi terlebih dahulu, sementara soal-soal mengenai sumbangan atau tabungan akan kami bahas dalam artikel lainnya.
 


Cara Cepat Mengerjakan Soal-Soal Aritmatika Sosial



1.Tentukan terlebih dahulu harga pembelian

Kalian harus mencari jumlah harga pembelian total (pembelian bersih) terleih dahulu. yang dimaksud dengan harga pembelian total / pembelian higienis yaitu harga pembelian sesudah dikurangi dengan diskon (apabila barang tersebut dikenai diskon) ataupun ditambah dengan biaya-biaya tertentu. Biasanya di dalam soal aritmatika sosial mengenai pembelian akan disertakan pecahan harga atau diskon.

2.Tentukan Harga Penjualan

Selanjutnya kalian harus menentukan harga penjualan total (penjualan bersih). yang dimaksud dengan harga penjualan total/penjualan higienis yaitu harga penjualan yang sudah dikurangi dengan biasa-biaya tertentu, contohnya pajak penjualan ataupun diskon (potongan harga). biasanya ada juga yang dikurangi dengan pecahan massa (tara).

3. Tetapkan persentase untung atau rugi

Setelah kalian menentukan harga pembelian higienis dan harga penjualan bersih, barulah kalian bisa menentukan persentase laba maupun kerugian dengan memakai persamaan yang sudah kami bahas dalam bahan wacana Cara Menghitung Persentase (%) Keuntungan .


Lalu bagaimanakah bila soal tersebut meminta kita untuk menentukan harga penjualan atau harga pembelian? untuk menuntaskan soal-soal menyerupai itu ada beberapa persamaan yang sanggup kita gunakan. persamaan yang pertama yaitu persamaan umum (konsep dasar) dan yang kedua yaitu persamaan khusus.


Persamaan umum yang biasa dipakai dalam menentkan persentase untung dan rugi adalah:


Sementara persamaan khusus bisa kita gunakan dalam menentukah harga penjualan ataupun pembelian dikala persentase untung dan ruginya telah diketahui. Persamaanya adalah:


Jika kalian merasa sulit untuk menghafal keenam rumus persamaan diatas, pilihlah saja salah satu yang berdasarkan kalian lebih gampang untuk dihafal. persamaan umum bisa kalian pilih alasannya itu yaitu cara cepat yang bisa kalian gunakan untuk mengerjakan soal-soal aritmatika. Selain itu persamaan umum hanya terdiri dari 2 rumus saja. Dengan persamaan umum kalian bisa mengerjakan bermacam-macam soal mengenai aritmatika sosial. Akan tetapi kalian harus memahami mengenai konsep-konsep aljabar.

semoga leih gampang dalam memahami persamaan di atas, eksklusif saja kita praktekkan untuk menuntaskan contoh-contoh soal di bawah ini:

Contoh Soal 1:

Sebuah motor dijual dengan harga Rp. 13.500.000 dengan laba 8%. tentukanlah harga belinya!

Penyelesaiannya:

Diketahui: Harga Penjualan = Rp. 13.500.000
                  Persentase Keuntungan = 8%

Ditanyakan: Harga beli = ....?

Jawab: 

 Apakah kalian merasa kesulitan dikala mencoba menuntaskan soal Tips Cara Cepat Mengerjakan Soal-Soal Aritmatika Sosial

 











2 Harga beli= Rp. 337.500.000 – 25 Harga beli
2 Harga beli + 25 Harga beli = Rp. 337.500.000
27 Harga beli = Rp. 337.500.000
Harga beli = Rp. 337.500.000 / 27
Harga beli = Rp. 12.500.000

Sekarang kita coba selesaikan dengan memakai persamaan khusus.

 Apakah kalian merasa kesulitan dikala mencoba menuntaskan soal Tips Cara Cepat Mengerjakan Soal-Soal Aritmatika Sosial




Maka:
Harga pembelian  = Rp. 13.500.000 x 100 / (100+8)
Harga pembelian  =Rp. 13.500.000 x 100/108
Harga pembelian  =Rp. 1.350.000.000 /108
Harga pembelian  = Rp. 12.500.000

Jadi, harga beli motor tersebut yaitu Rp. 12.500.000

Contoh Soal 2:

Sebuah sepeda dibeli dengan harga Rp. 350.000 kemudian sepeda itu dijual kembali dengan kerugian sebesar 20%. Berapakah harga jual dari sepeda tersebut?

Penyelesaiannya:
Diketahui: Harga Beli = Rp. 350.000
           Persentase Kerugian = 15%

Ditanyakan: Harga Jual = .... ?

Jawab:

 Apakah kalian merasa kesulitan dikala mencoba menuntaskan soal Tips Cara Cepat Mengerjakan Soal-Soal Aritmatika Sosial













Rp. 1.750.000 = Rp. 8.750.000 – 25 Harga jual
25 harga jual = Rp. 8.750.000 - Rp. 1.750.000
25 harga jual = Rp. 7.000.000
Harga jual = Rp. 7.000.000 /25
Harga jual = Rp. 280.000

Sekarang kita coba selesaikan dengan memakai persamaan khusus.

 Apakah kalian merasa kesulitan dikala mencoba menuntaskan soal Tips Cara Cepat Mengerjakan Soal-Soal Aritmatika Sosial




Maka:
Harga pembelian  = {(100-20) /100} x Rp. 350.000
Harga pembelian  =(80/100) x Rp. 350.000
Harga pembelian  =Rp. 280.000 

Jadi, harga penjualan sepeda itu yaitu Rp. 280.000,00.

Dua pola soal diatas memperlihatkan bahwa persamaan khusus dan persamaan khusus akan menghasilkan tanggapan yang sama. Di dalam persamaan umum kita harus memakai konsep aljabar sedangkan di dalam persamaan khusus kita tidak memerlukannya. Pada intinya, kalian boleh menentukan memakai cara yang berdasarkan kalian lebih mudah. Itu semua bergantung kepada kemampuan otak kalian. Rasanya cukup sekian pembahasan wacana Tips Cara Cepat Mengerjakan Soal-Soal Aritmatika Sosial yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa membantu kalian untuk lebih gampang dalam emmahami bahan mengenai aritmatika sosial.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel