Segitiga-Segitiga Yang Sebangun

Segitiga-segitiga yang Sebangun – Apabila di dalam pembahasan bahan sebelumnya kita telah mempelajari mengenai kesebangunan pada berdiri datar, maka pada pembahasan kali ini kita akan lebih fokus di dalam membahas bahan perihal kesebangunan pada segitiga. Di sini Rumus Matematika Dasar akan menjelaskan syarat dari segitiga-segitiga yang sebangun serta aplikasinya. Oleh karenanya, simak dengan baik pembahasan yang ada di bawah ini:

Syarat Segitiga-Segitiga yang Sebangun

Coba kalian amati dengan baik kedua gambar segitiga di bawah ini:



Pada segitiga ABC dan DEF di atas, perbandingan antara sisi-sisi yang bersesuaian pada kedua segitiga tersebut sanggup diuraikan menjadi sebagai berikut:

DE/AB= 4/8 = 1/2
EF/BC = 3/6 = 1/2
DF/AC = 5/10 = 1/2

Dengan demikian, sanggup disimpulkan bahwa AB/DE = BC/EF = AC/DF = 1/2

Apabila kalian melaksanakan pengukuran pada sudut-sudut yang bersesuaian pada kedua segitiga tersebut maka kalian akan menemukan bahwa sudut A = sudut D, sudut B = sudut E, dan sudut C = sudut F.

Jadi, kesebangunan dari dua buah segitiga sanggup kita ketahui dengan mencari atau menandakan bahwa perbandingan antara panjang sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai nilai yang sama.



Sekarang coba perhatikan gambar segitiga siku-siku yang ada di bawah ini:


Pada segitiga siku-siku ABC dan DEF di atas, kita sanggup melihat bahwa sudut A = sudut D yaitu 900
Sedangkan sudut B = sudut E yaitu 600. Oleh karenanya, kita sanggup menghitung sudut C dan sudut F dengan melaksanakan perhitungan:

Sudut C = sudut F = 1800 – 900 - 600 = 300

Jika kalian melaksanakan pengukuran terhadap panjang sisi-sisi yang ada pada kedua segitiga tersebut, maka hasil perbandingannya akan menjadi:

AB/DE = BC/EF = AC/DF

Karena pada segitiga siku-siku ABC dan DEF panjang sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai nilai yang sama dan sudut-sudut yang bersesuaiannya juga mempunyai ukuran yang sama besar maka sanggup disimpulkan bahwa segitiga ABC sebangun dengan segitiga DEF.


Maka, sanggup kita simpulkan bahwa kesebangunan dari dua buah segitiga sanggup diketahui dengan cara menawarkan bahwa sudut-sudut yang bersesuaian diantara dua buah segitiga tersebut mempunyai nilai yang sama besar. Sehingga, syarat supaya dua buah segitiga sanggup dikatakan sebangun adalah:

1. Perbandingan panjang sisi yang bersesuaian senilai
2. Dua pasang sudut yang bersesuaian sama besar.


Demikianlah klarifikasi bahan perihal Segitiga-segitiga yang Sebangun  dan syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya dua buah segitiga sanggup dikatakan sebangun. Semoga kalian sanggup memahaminya dengan baik, dan apabila ada kesulitan di dalam memahami klarifikasi di atas kalian sanggup menanyakannya pada orang renta ataupun guru di sekolah. Atau kalian juga boleh menyampaikannya pada kolom komentar yang ada di bawah postingan ini. Sampai jumpa lagi pada pmbahasan bahan pelajaran matematika selanjutnya.

Simak juga artikel perihal Segitiga-segitiga yang Kongruen

Source: Salamah. U. 2012. Berlogika Dengan Matematika 3. Solo : Platinum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel