Pengertian Diagram Venn, Teladan Soal Dan Pembahasannya

Pengertian diagram venn - di dalam bahan yang dijelaskan oleh Rumus Matematika Dasar mengenai Himpunan sesungguhnya telah sedikit dibahas mengenai diagram venn. Namun bagi kalian yang belum memahami apa yang dimaksud dengan diagram venn, tidak adasalahnya jika membaca bahan yang akan dibahas kali ini yaitu mengenai pengertian diagram venn. Diagram venn yakni suatu cara menyatakan himpunan dengan memakai gambar. Cara ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang matematikawan yang berasal dari inggris. Matematikawan tersebut yakni john venn. Diagram venn sanggup diartikan sebagai sebuah diagram yang didalamnya terdapat seluruh kemungkinan relasi logika serta hipotesis dari sebuah himpunan benda ataupun objek. Berikut yakni pola dari gambar diagram venn.

 sesungguhnya telah sedikit dibahas mengenai diagram venn Pengertian Diagram Venn, Contoh Soal Dan Pembahasannya

Sebuah diagram ven terdiri dari beberapa unsur. Seperti sanggup kalian amati pada gambar di atas, bab persegi panjang yang ada di bab luar merupakan bab yang disebut sebagai himpunan semesta. Sementara bulat yang ada di dalam persegi tersebut menyatakan himpunan dengan titik-titik yang menjelaskan tiap-tiap anggota dari himpunan tersebut. Agar kalian lebih gampang dalam memahaminya, coba perhatikan dengan baik uraian di bawah ini:


Diketahui:

S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
A = {0, 1, 2, 3, 4}
B = {6, 7, 8}

Dari data di atas, himpunan S merupakan himpunan semesta. Di dalam diagram venn, himpunan semesta biasanya dituliskan dengan memakai simbol aksara S yang diletakkan di pojok kiri atas.

Sekarang amati himpunan A dan B. Anggota di dalam kedua himpunan tersebut tidak ada yang sama atau tidak ada anggota persekutuan. Sehingga, kedua himpunan tersebut sanggup disebut sebagai himpunan yang saling lepas. Oleh alasannya yakni itu, gambar kurva (lingkaran) dari kedua himpunan tersebut harus digambarkan terpisah di dalam persegi panjang.

Kemudian, sehabis itu barulah kita sanggup memasukkan anggota dari masing masing himpunan A dan B ke dalam lingkaran-lingkaran tersebut. Sementara anggota dari himpunan S yang tidak terdapat diantara himpunan A maupun B sanggup dituliskan di bab luar dari lingkaran-lingkaran tersebut. Sehingga menghasilkan diagram venn ibarat di bawah ini:

 sesungguhnya telah sedikit dibahas mengenai diagram venn Pengertian Diagram Venn, Contoh Soal Dan Pembahasannya

Contoh Soal Dan Pembahasan Materi Diagram Venn Sekolah Menengah Pertama Kelas 7


Contoh Soal:
Diketahui himpunan semesta S = {bilangan genap kurang dari 10}, himpunan A = {1, 2, 3, 4} dan himpunan B = {2, 4, 6}. Nyatakan data tersebut dengan diagram venn.

Pembahasan:
Diketahui:
S = {2, 4, 6, 8}
A = {1, 2, 3, 4}
B = {2, 4, 6}

Pertama kita gambar dulu persegi, lalu tuliskan aksara S di sisi kiri atas. Karena himpunan A dan B saling berpotongan A^B = {2, 4} maka kita gambar dua buah bulat yang saling berpotongan. Sehingga hasil diagramnya sebagai berikut:

 sesungguhnya telah sedikit dibahas mengenai diagram venn Pengertian Diagram Venn, Contoh Soal Dan Pembahasannya

Demikianlah pembahasan materi Pengertian Diagram Venn, Contoh Soal Dan Pembahasannya . Semoga kalian sanggup menyerap ilmu yang diajarkan pada bahan di atas dengan baik. Mohon maaf apabila di dalam penyampaian bahan ini terjadi kesalahan di dalam penulisan kata ataupun angka serta data. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel