Penjelasan Unsur-Unsur Bulat Terlengkap

Unsur-unsur Lingkaran - Tentu kalian semua tahu bahwa ada aneka macam jenis berdiri datar. Masing-masing berdiri datar tersebut pastinya terbentuk atau terdiri dari aneka macam unsur yang membentuk dan membangunnya. Salah satu jenis berdiri datar ialah lingkaran. Sebuah bulat mempunyai bagian-bagian tersendiri yang menjadi unsur-unsur pembentuk lingkaran. Unsur-unsur bulat sanggup dibilang cukup banyak mulai dari jari-jari, busur, diameter, titik pusat, juring, sudut pusat, apotema dan juga sudut lingkaran. Berikut ialah citra unsur yang ada pada lingkaran:

 Tentu kalian semua tahu bahwa ada aneka macam jenis berdiri datar Penjelasan Unsur-unsur Lingkaran Terlengkap


Pada pembahasan di bawah ini rumus matematika dasar akan menjelaskan masing-masing unsur tersebut sehingga kalian sanggup mengetahui unsur apa saja yang ada di dalam sebuah lingkaran. Amati uraian berikut ini untuk mengetahuinya:

 
Unsur-Unsur Pembentuk Bangun Datar Lingkaran


Titik Pusat

Yang disebut sebagai titik sentra pada bulat ialah sebuah titik yang berada sempurna ditengah lingkaran. Jika kalian melihat pada gambar di atas, titik sentra terletak pada abjad O.

Jari-jari

Jari-jari biasa dilambangkan dengan abjad 'r'. Pada berdiri datar lingkaran, jari-jari ialah jarak antara titik sentra bulat dengan garis lengkung lingkaran. Garis OD, OC, OB, dan OA pada gambar di atas mengatakan jari-jari dari sebuah lingkaran.

Diameter

Diameter pada bulat biasa dilambangkan dengan abjad 'd'. Diameter ialah jarak antara dua titik lengkung yang ada pada lingkaran. Jika kita menggambar sebuah garis melintang dari salah satu titik lengkung melintasi titik sentra dan berhenti pad titik lengkung lingaran yang lain, maka garis itu disebut sebagai diameter lingkaran. Perhatikan gambar di atas, diameter dilambangkan dengan garis A menuju B dan C menuju D atau sebaliknya. Dengan begitu kita sanggup menarik kesimpulan bahwa diameter mempunyai nilai dua kali lipat dari jari-jari maka biasanya diameter dituliskan menjadi : d = 2r

Busur

Busur bulat sanggup didefinisikan sebagai garis lengkung yang berada pada keliling lingkaran. Jika kalian memperhatikan gambar bulat di atas, Busur pada bulat merupakan garis lengkung dari A ke C, C ke B, dan B ke D. Garis tersebut disebut sebagai busur bulat alasannya ialah bentuknya yang mirip busur panah.

Tali Busur

Bagian bulat yang disebut sebagai tali busur ialah garis yang ditarik lurus dari salah satu titik lengkung bulat menuju titik lengkung yang lain tanpa melalui titik sentra lingkaran. Garis yang menghubungkan titik A dengan titk D pada gambar diatas merupakan unsur bulat yang disebut sebagai tali busur. Seperti pada busur panah, tali busur ialah yang diikatkan pada kedua ujung busur.

Tembereng

Tembereng sanggup diartikan sebagai luas tempat yang berada di dalam bulat dimana tempat tersebut dibatasi oleh tali busur dan busur. Daerah berwarna hijau yang dibatasi garis AD pada gambar di atas, ialah salah satu teladan bab bulat yang disebut sebagai tembereng.

Juring

Juring merupakan tempat yang lebih luas dari tembereng. Juring ialah luas tempat yang dibatasi oleh dua buah garis jari-jari dan sebuah busur bulat yang posisinya diapit oleh dua buah jari-jari tersebut. Untuk lebih mudahnya, kalian sanggup melihat tempat tembereng pada bulat di atas yaitu bab hijau yang dibatasi oleh garis OB dan OC yang mengapit busur BC.

Apotema

Jika kita menarik sebuah garis tegak lurus dari titik sentra hingga pada salah satu tali busur, maka garis tersebutlah yang dinamakan sebagai Apotema. pada gambar  di atas, kita sanggup melihat bahwa apotema ialah garis yang ditarik dari O menuju F.

Unsur bulat yang selanjutnya, akan dijelaskan melalui gambar berikut ini:


 Tentu kalian semua tahu bahwa ada aneka macam jenis berdiri datar Penjelasan Unsur-unsur Lingkaran Terlengkap

Sudut Pusat

pada gambar di atas, sudut sentra ialah sudut yang terbentuk oleh dua buah jari-jari (OA dan OB). Sudut yang terbentuk antara titik A, O, dan B merupakan sudut sentra lingkaran.

Sudut Keliling

bila sudut sentra terbentuk oleh bertemunya dua buah jari-jari pada titik pusat. maka sudut keliling ialah sudut yang terbentuk oleh bertemunya dua buah tali busur. mirip sanggup kalian lihat pada gambar si atas, sudut yang terbentuk antara titik A, C, dan B adalah sudut keliling bulat dengan titik sudut berada di C.

Bagaimana? apakah kalian kini sudah mengerti perihal unsur-unsur pada lingkaran? kalau belum berarti kalian harus membaca bahan di atas dengan lebih seksama. Atau bila ada pertanyaan, sampaikan saja melalui kolom komentar di bawah. Untuk menambah pengetahuan kalian mengenai lingkaran, coba simak postingan aku mengenai bahan Rumus Luas Lingkaran dan Pembahasan Lengkap


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel