Cara Menghitung Rumus Mencari Tinggi Jajar Genjang

Cara Mencari Tinggi Jajar Genjang - Di dalam pembahasan bahan Rumus Matematika Dasar sebelumnya, telah dijelaskan mengenai Cara Menghitung Rumus Luas Dan Keliling Jajar Genjang Lengkap. Apabila kalian telah memahami bahan tersebut dengan baik, tentu kalian akan sanggup dengan gampang memahami bahan yang akan di jelaskan di dalam artikel ini yaitu mengenai bagaimana cara mencari tinggi dari sebuah jajar genjang apabila telah diketahui luasnya.

Rumus Mencari Tinggi Jajar Genjang

Apabila kalian telah membaca artikel aku sebelumnya mengenai rumus luas dan keliling jajar genjang kalian akan mengerti bahwa untuk mengetahui luas dari sebuah jajar genjang kita sanggup mengetahuinya dengan cara mengalikan tinggi dengan panjang bantalan dari jajar genjang tersebut. Mari kita lihat kembali rumus luas jajar genjang di bawah ini:


L = a x t

dengan sedikit memutar rumus tersebut maka kita sanggup mencari tinggi dari sebuah jajar genjang yang telah diketahui luasnya. caranya ialah dengan membagi luas jajar genjang dengan panjang bantalan yang diketahui. kalau dirumuskan maka akan menjadi menyerupai di bawah ini:

t = L/a


mari kita amati bersama bagaimana memakai rumus-rumus tersebut untuk menuntaskan referensi soal menyerupai berikut ini:


Soal 1
diketahui luas dari sebuah jajar genjang ialah 150 cm2. apabila panjang bantalan dari jajar genjang tersebut ialah 30 cm, berapakah tingginya?

Penyelesaian:

Diketahui: 
Luas = 150 cm2
Panjang bantalan = 30 cm

Ditanyakan: t = ....?

Jawab:
L = a x t
t = L/a

t = 150/30
t = 5 cm

maka, tinggi dari jajar genjang itu ialah 5 cm.


Soal 2
Sebuah jajar genjang mempunyai luas 2400 cm2. apabila tinggi dan panjang bantalan dari jajar genjang tersebut berturut-turut ialah 4x dan 6x, maka hitunglah:

a. nilai x
b. panjang bantalan dan tinggi bekerjsama dari jajar genjang itu

Penyelesaian:

Diketahui:
Luas = 2400 cm2
Panjang Alas = 6x
tinggi = 4x

Ditanyakan:
a. x = ....?
b. a = ....cm? dan t = ...cm?

Jawab:
L = a x t

2400 cm2 = 6x cm x 4x cm
2400 cm2 = 24x2 cm2
x2 = 2400/24
x2 = 100
x = 10

Panjang bantalan = 6x = 6 x 10 = 60 cm
Tinggi = 4x = 4 x 10 = 40 cm


Demikianlah pembahasan dan referensi soal mengenai Cara Menghitung Rumus Mencari Tinggi Jajar Genjang. Semoga kalian semua sanggup memahaminya dengan baik. Mohon maaf apabila di dalam penyampaian bahan ini terdapat kata-kata atau hasil perhitungan yang salah. Kami dengan bahagia hati selalu mendapatkan kritik dan saran dari anda semua. Terima kasih dan hingga berjumpa lagi dalam materi-materi matematika selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel